• Follow Us On : 
Terkait Penggulangan Bencana Alam, Polres Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam Nusa II Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu, SIK., saat memeriksa pasukanĀ apel kesiapsiagaan bencana Aman Nusa II bersama TNI, Kamis (9/1/2020). Foto:KS

Bumi Turang

Terkait Penggulangan Bencana Alam, Polres Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam Nusa II

Kamis, 09 Januari 2020 - 11:47:46 WIB
Dibaca: 1653 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Polres Tanah Karo menggelar apel kesiapsiagaan bencana Aman Nusa II bersama TNI, BNPB, Basarnas dan Instansi terkait, bertempat di halaman apel Mapolres Tanah Karo, Kamis (9/1/2020) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny R Hutajulu, SIK., menekankan kepada seluruh jajarannya untuk siap terjun ke lapangan jika ada terjadi peristiwa bencana alam.

Selain itu, AKBP Benny R Hutajulu, SIK., mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan para peserta apel yang hadir dipelaksanaan apel gelar pasukan ini.

Kemudian, menyampaikan amanat dari Kapolda Sumatra Utara dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan personil untuk penanggulangan bencana alam.

“Maksud apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI dan Polri, BNPB, Basarnas,dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana," sebut Kapolres Tanah Karo.

Dijelaskannya, Kabupaten Karo merupakan wilayah pegunungan yang cukup rentan akan bencana tanah longsor, gunung Sinabung dan kebakaran hutan  dan lain sebagainya.

“Maka dari itu, amat sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana,” tutur Kapolres Tanah Karo.

Harapannya, lanjut AKBP Benny R Hutajulu, SIK.,seluruh stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua dini dari tingkat desa, kelurahan hingga ke kabupaten.

“Meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana," tandas Kapolres Tanah Karo.

"Perlunya edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi," sebutnya.

AKBP Benny R Hutajulu, SIK., menambahkan, meningkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan penanggulangan bencana, yang meliputi antara lain,
pengintegrasian setiap stakeholder dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana.

"Penyelenggaraan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan yang ada, tingkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pelatihan penanggulangan bencana. Meningkatkan kualitas data, informasi, dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)," ucapnya.

“Menetapkan regulasi dan melaksanakan pengurangan risiko bencana melalui peraturan daerah,
memberikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana,” jelas Kapolres Tanah Karo.

Rangkaian pelaksanaan apel gelar pasukan juga dilaksanakan pengecekan terhadap peralatan SAR terbatas guna antisipasi bencana alam yang dimiliki Polres Tanah Karo.

Kegiatan apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Karo AKBP Benny R Hutajulu SIK., dan dihadiri Bupati Karo yang diwakili Sekdakab Karo, Kamperas Purba, Kodim 0205/TK, Bataliyon 125/Simbisa, Dinas Perhubungan Kabupaten Karo, Satpol PP Kabupaten Karo, BNPB dan sekholder lainya serta anggota dari setiap instansi sebagai pasukan apel yang berjumlah kurang lebih 500 orang. (KS).


 

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER