• Follow Us On : 
Potret Masyarakat Karo Antri di ATM, Dana PKH Cair: Ada yang Belum Mahir Gunakan Mesin ATM... Saat masyarakat antri di Bank Mandiri Berastagi untuk mengambil dana PKH, Rabu (29/4/2020). Foto:KS

Bumi Turang

Potret Masyarakat Karo Antri di ATM, Dana PKH Cair: Ada yang Belum Mahir Gunakan Mesin ATM...

Rabu, 29 April 2020 - 13:00:53 WIB
Dibaca: 1584 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Ratusan masyarakat Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, yang menerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) sejak kemarin tampak ramai mendatangi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank di beberapa Kota Kabanjahe dan Berastagi, Rabu (29/04/2020) siang.

Mereka antri, ada yang menggendong anak, bersama suami dan bersama orang tua datang ke ATM mengambil uang dana PKH yang sudah masuk melalui rekening para penerima.

Bahkan, ada para penerima PKH yang tidak mengetahui cara mengambil uang dari mesin ATM. Tampak, meminta bantuan petugas Bank atau bantuan dari pendamping Dinas Sosial Kabupaten Karo. Demikian pantauan wartawan, Rabu (29/04/2020) siang.

"Kami bersyukur dana PKH sudah cair, dan ini pertama dicairkan menggunakan ATM. Saya tidak bisa mengunakan mesin ATM, jadi mengajak anak dan kerabat saya," ungkap seorang penerima dana PKH, M Br Ginting kepada wartawan.

Menurutnya, mengambil uang melalui mesin ATM memang sedikit ada kemudahan, karena tidak perlu repot lagi melakukan antri dalam pembagian.

Namun, dia mengaku belum begitu mahir mengambil uang melalui mesin ATM.

"Alhamdulillah, bisa dipakai untuk membeli kebutuhan sehari-hari," kata M Br Ginting.

Senada M Br Ginting, Rosmari Br Sembiring mengaku untuk mengambil dana PKH dari mesin ATM meminta tolong kepada kerabat tempatnya bermukim, dan meminta tolong security Bank.

"Dana katanya Rp500 ribu, jadi saya tarik Rp450 ribu dan sisanya dibiarkan didalam tabungan," aku Rosmari Br Sembiring penerima PKH ini dari Desa Daulu, Kecamatan Berastagi kepada wartawan ketika akan mengambil uang PKH dari Mesin ATM di Berastagi.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karo, Benyamin Sukatendel melalui Pendamping PKH Kabupaten Karo, Meli Br Sinuhaji kepada wartawan, membenarkan bahwa sejak beberapa hari yang lalu sudah dilakukan pencairan dana PKH ke masyarakat.

"Nah, jadi untuk pencairan ini beragam ragam Pak, dan tergantung dari jumlah keluarnya. Ada yang 100 ribu 500 ribu dan ada juga 600 ribu per kepala keluarga," sebutnya.

"Untuk pencairan, ini berlaku sampai 3 bulan kedepan. Karena ada Covid 19  di cairkan selama sebulan sekali. Dulu kalau belum ada Covid 19 Ini, pencairannya berlaku 3 bulan sekali. Untuk tahun ini, pencairan PKH langsung di transfer ke rekening masing-masing penerima," tambah Meli.

Laporan:KS



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER