• Follow Us On : 
Piala Kapolda Sumut, Kapal Motor di Danau Toba Lomba Puluhan kapal motor yang mengikuti lomba kelaikan berlayar di Danau Toba sandar di Pantai Bebas Parapat untuk diperiksa tim juri. Foto Antaranews

Piala Kapolda Sumut, Kapal Motor di Danau Toba Lomba "Adu" Laik

Senin, 12 November 2018 - 17:25:38 WIB
Dibaca: 1733 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Sedikitnya 69 kapal penumpang motor di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, mengikuti perlombaan kelayakan, keselamatan dan keindahan memperebutkan Piala Kapolda Sumatra Utara (Sumut) di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Senin.

Kelaikan kapal para pelaku transportasi air dari Kabupaten Simalungun, Samosir, Toba Samosir dan Tapanuli Utara itu diuji dan diperiksa dari jajaran KNKT, Kemenhub, Basarnas, BPBN, dan Polair.

Kapolda Sumut, Irjend Polisi Agus Andrianto mengatakan, kegiatan diselenggarakan sebagai upaya mendorong pertumbuhan pariwisata di kawasan Danau Toba, khususnya Parapat.

Pelaku transportasi di perairan Danau Toba diajak untuk mengutamakan keselamatan penumpang dengan mematuhi ketentuan dan peraturan pelayaran.

Agus yang menjabat Kapolsek Parapat pada tahun 1994 berpesan kepada jajaran kepolisian di tujuh daerah kawasan Danau Toba agar menjaga kondusivitas, supaya masyarakat dan pengunjung merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas.

Sedangkan kepada elemen masyarakat diimbau memberikan kontribusi yang positif untuk pengembangan wisata di Danau Toba.

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan selaku ketua panitia melaporkan, perlombaan kapal motor dirangkai dengan penaburan 50.000 benih ikan Mas, pembagian jaket pelampung kepada pelaku usaha kapal motor.

Pemerintah Kabupaten Simalungun berpartisipasi dengan membuka layanan kesehatan gratis, bibir sumbing, KB, administrasi kependudukan, dan pasar murah.

Pengusaha KM Soluna jurusan Parapat Kabupaten Simalungun, Tomok dan Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir, Cosmos Gultom mengapresiasi kegiatan yang diharapkan menjadi motivasi bagi mereka untuk patuh pada ketentuan.

"Kami berharap pengecekan kelaikan kapal motor dilakukan secara berkala dan berkelanjutan, seperti per semester atau tiga bulan sekali," katanya.

Dia juga berharap Pemerintah lebih memperbanyak kegiatan-kegiatan yang bisa menjadi promosi pariwisata dengan menampilkan citra positif, supaya kunjungan meningkat.

Sumber:Antarasumut.com


 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER